3 Hal Penting dalam Menata Ruang Tamu

image

KOMPAS.com – Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2010, ruang tamu tentunya menjadi area yang cukup penting, mengingat akan ada banyak tamu yang berkunjung untuk merayakannya. Oleh karena itu, tak heran bila banyak orang berburu furnitur baru untuk sekadar mengubah suasana ruang tamu menjadi lebih nyaman. Berikut ini adalah tips-tips sederhana yang bisa menginspirasi Anda untuk mempercantik ruang tamu. 1.Sofa dan Meja
Pemilihan sofa dan meja tentu ada baiknya disesuaikan dengan desain dan tema desain rumah. Apakah menggunakan rumah bergaya minimalis modern, klasik Eropa, atau etnis. Contohnya, jika Anda menyukai ruang tamu yang bernuansa etnis Jawa tentunya akan lebih sesuai jika menggunakan furnitur kayu ukiran Jepara yang cantik dan berkesan antik. Umumnya terbuat dari kayu jati tua. Bila dirasa cukup mahal, Anda bisa menggunakan replikanya yang terbuat dari jenis kayu yang lebih murah, sehingga harganya lebih terjangkau. Namun demikian, tidak tertutup juga kemungkinan menggunakan sofa dengan motif kain yang berkesan klasik dan antik.
2.Lampu
Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah masalah pencahayaan. Tak bisa disangkal bila lampu memiliki peranan penting dalam penampilan ruang tamu secara keseluruhan. Ada baiknya sebelum membeli lampu, Anda melakukan perburuan tipe dan jenis lampu terlebih dulu. Caranya bisa dengan mendatangi pusat penjualan lampu, mempelajari katalog lampu, atau berburu lampu di internet. Namun jika ingin menggunakan tema etnis menggunakan lampu kuno yang antik. Untuk lampu jenis ini, Anda bisa berburu di pasar loak atau Jl. Surabaya, Jakarta yang menjual aneka lampu dan barang-barang antik.
3.Hiasan
Hal lain yang juga penting untuk diperhatikan adalah ornamen atau hiasan di ruang tamu. Ada baiknya jika hiasan di ruang tamu tidak berlebihan, karena memajang hiasan atau barang-barang yang tidak perlu justru membuat ruang tamu terkesan berantakan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda bijak dalam memilih dan menentukan hiasan apa yang pantas dipajang di ruang tamu Anda(Aya/Kompas Cetak)
Editor: NF
Sumber : Kompas Cetak

Pos ini dipublikasikan di Interior. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar